RSS
email

Dapatkan Renungan Virtue Notes Langsung ke Email Anda!

Persoalan Hidup Menjadi Kecil


Renungan Harian Virtue Notes, 22 Desember 2011
Persoalan Hidup Menjadi Kecil


Bacaan: Mazmur 96:3-4

96:3 Ceritakanlah kemuliaan-Nya di antara bangsa-bangsa dan perbuatan-perbuatan yang ajaib di antara segala suku bangsa.
96:4 Sebab TUHAN maha besar dan terpuji sangat, Ia lebih dahsyat dari pada segala allah.


Ada dua pilar penting dalam pekerjaan Tuhan. Yang pertama, keselamatan setiap orang. Mereka yang belum mengenal Yesus adalah obyek penyelamatan kita. Yang kedua, Tuhan menghendaki setiap orang percaya didewasakan. Umat Tuhan harus memiliki kedua hal ini; sebab tidaklah lengkap bila umat Tuhan hanya memikirkan keselamatan jiwa-jiwa tanpa melakukan pendewasaan. Juga tidak bijaksana bila hanya memikirkan kedewasaan, tetapi mengabaikan jiwa-jiwa yang sedang bergulir menuju kegelapan abadi.

Manakala kita memikirkan pekerjaan Tuhan dan terlibat di dalamnya, kita akan menemukan kehidupan yang realistis. Manakala kita terbeban untuk menyelamatkan jiwa-jiwa yang terhilang dan berusaha mendewasakan mereka, kita menyadari bahwa hidup ini benar-benar berisiko, sebab seseorang dapat mengalami surga kekal maupun neraka kekal. Kita akan terbiasa untuk memikirkan surga kekal maupun neraka kekal. Setelah terbiasa untuk memikirkan kekekalan itu, maka kita tidak akan menomorsatukan lagi hal-hal yang yang ada di bumi yang sementara ini. Dengan demikian setiap persoalan yang kita hadapi di bumi akan terasa kecil di hadapan kita.

Dengan memikirkan pekerjaan Tuhan dan terlibat di dalamnya, fokus hidup kita bukan lagi masalah-masalah hidup hari ini, tetapi kemuliaan bersama Tuhan nanti, yang sudah dijanjikan Allah kepada anak-anak-Nya yang merupakan ahli waris Kerajaan Surga, asal kita mau menderita bersama dengan Kristus (Rm. 8:17). Namun hendaklah kita melayani bukan karena upah. Kita melayani dengan segenap apa yang ada pada diri kita, karena kita tahu bahwa di balik kelelahan kita ada perhentian untuk menikmati persekutuan dengan Tuhan selamanya, Sang Kekasih Jiwa kita..

Tempatkanlah diri kita bagai seorang pegawai yang memiliki bos yaitu Tuhan. Dan kita tahu bahwa Tuhan bukan bos biasa, melainkan bos yang membela kita. Dengan memercayai bahwa Allah kita yang Mahabesar itu jauh lebih besar daripada segala allah, kita tahu bahwa Ia pun jauh lebih besar daripada masalah kita yang paling besar. Di hadapan-Nya segala masalah hidup sangat kecil tidak ada artinya. Dengan menerima kebenaran bahwa jika kita terlibat dalam pekerjaan-Nya maka persoalan-persoalan hidup kita menjadi kecil, maka kita akan terbeban untuk memikul persoalan orang lain. Adalah suatu kesukaan besar, kalau kita diperkenankan memikul beban orang lain yang membutuhkan pertolongan kita, dan mengabarkan keselamatan dari Allah kita kepada mereka.


Dengan memikirkan pekerjaan Tuhan dan terlibat di dalamnya, fokus hidup kita bukan lagi masalah-masalah hidup hari ini.


Dimodifikasi dari Truth Daily Enlightenment, dengan ijin penerbit.

Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Lisensi Creative Commons
Renungan Virtue Notes is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Unported License.
Berdasarkan karya di virtuenotes.blogspot.com.