RSS
email

Dapatkan Renungan Virtue Notes Langsung ke Email Anda!

Memimpin Kepada Seluruh Kebenaran

Renungan Harian Virtue Notes, 15 Desember 2011

Memimpin Kepada Seluruh Kebenaran



Bacaan: Yohanes 16:13


16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.



Apa yang kita lakukan dan seluruh perilaku kita sangatlah ditentukan dari cara kita memandang dunia dan hidup. Ini merupakan hasil dari akumulasi apa yang telah kita serap dari lingkungan kita, yang membangun pola berpikir yang mengakar. Hasil akhir dari kehidupan ini adalah sikap hati kita yang terwujud dalam seluruh perilaku atau perbuatan kita: Apakah sesuatu yang dilakukan karena dorongan daging kita atau roh kita.


Untuk bisa melakukan segala sesuatu berdasarkan dorongan rohnya, maka kita harus mengisi jiwa dengan kebenaran Firman Tuhan. Jiwa yang diisi dengan kebenaran Firman akan membangun pikiran yang sesuai dengan roh, yang sesuai dengan pikiran Allah. Roh Kudus yang dimeteraikan dalam diri kita berfungsi membuka pengertian kita untuk memahami kebenaran Firman Tuhan. Jiwa dicerahi oleh Roh Kudus untuk mengerti pikiran dan perasaan Allah melalui Firman Tuhan. Roh manusia tidak akan menjadi kuat kalau pikirannya tidak mengerti Firman Tuhan, dan pikiran manusia tidak akan mengerti kebenaran Firman Tuhan kalau tidak dicerahi oleh Roh Kudus. Ingat bahwa Roh Kuduslah yang memimpin orang percaya kepada seluruh kebenaran.


Maka jika kita melihat orang percaya yang baik-baik saja, biasa-biasa saja tetapi hidupnya tidak seirama dengan Tuhan, mungkin roh mereka redup, lemah, bahkan mungkin sudah nyaris mati. Ini akibat mereka tidak bertumbuh dalam kebenaran Firman Tuhan yang murni. Mereka mungkin mengabaikan pelayanan untuk menguatkan roh, dan sebaliknya malahan melestarikan pelayanan yang melemahkan roh. Padahal jika roh manusia dikuatkan, akan bisa mengendalikan jiwa, dan jiwa mengendalikan seluruh kehidupan.


Pelayanan pekerjaan Tuhan yang bertujuan untuk menguatkan roh akan difokuskan pada pembaruan pikiran secara serius dan berkesinambungan. Ini hanya mungkin jika pelayan-pelayan jemaatnya juga sudah hidup menurut roh, pikirannya dicerahi oleh Roh Kudus. Kalau pelayan-pelayannya masih hidup menurut daging, tidak akan ada titik temu dengan orang yang hidup menurut roh.


Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita menyediakan diri agar pikiran kita dicerahi oleh Roh Kudus? Berdoalah agar Roh Kudus selalu memimpin kita dalam memahami kebenaran Firman Tuhan. Firman Tuhan yang murni selalu memuliakan Tuhan, dan membangun kita untuk bertumbuh ke arah kesempurnaan yang diingini oleh-Nya.



Pikiran manusia tidak akan mengerti kebenaran Firman Tuhan kalau tidak dicerahi oleh Roh Kudus.



Diadaptasi dari Truth Daily Enlightenment, dengan ijin penerbit.


Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Lisensi Creative Commons
Renungan Virtue Notes is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Unported License.
Berdasarkan karya di virtuenotes.blogspot.com.