RSS
email

Dapatkan Renungan Virtue Notes Langsung ke Email Anda!

Selalu Baru Setiap Hari

Renungan Harian Virtue Notes, 18 Mei 2011

Selalu Baru Setiap Hari



Bacaan: 2 Petrus 1: 3-11


1:3 Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.

1:4 Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.

1:5. Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan,

1:6 dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan,

1:7 dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang.

1:8 Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita.

1:9 Tetapi barangsiapa tidak memiliki semuanya itu, ia menjadi buta dan picik, karena ia lupa, bahwa dosa-dosanya yang dahulu telah dihapuskan.

1:10 Karena itu, saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung.

1:11 Dengan demikian kepada kamu akan dikaruniakan hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal, yaitu Kerajaan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.



Hidup ini harus diisi dengan hal-hal yang baru setiap hari. Hal-hal yang baru membuat hidup kita menjadi indah dan menarik. Tuhan selalu menyediakan berkat-berkat yang baru setiap hari untuk kita, seperti manna yang disediakan Tuhan bagi bangsa Israel. Manna harus diambil setiap hari; tidak boleh diambil lebih dari kebutuhan satu hari, kecuali pada hari Sabat (Kel. 16:26).


Demikian pula Tuhan Yesus mengajarkan dalam Doa Bapa Kami, agar kita cukup dengan makanan setiap harinya (Mat. 6:11). Ini bukan berarti kita tidak boleh memiliki persediaan makanan untuk satu bulan; tetapi Tuhan menghendaki agar kita tidak serakah, selalu memiliki hubungan yang berkesinambungan dengan-Nya. Selanjutnya Ia akan menyediakan berkat-Nya yang baru setiap hari. Berkat-berkatNya adalah pengenalan akan Dia, memahami kehendak-Nya dan mengerti rencana-Nya. Itu lebih indah dan lebih penting daripada berkat-berkat jasmani.


Dengan memahami keindahan berkat yang baru dari Tuhan setiap hari ini, hati kita akan semakin melekat kepada Tuhan dan jiwa kita harus merasa terganggu kalau tidak mendapat sesuatu yang baru dari-Nya. Namun sesuatu yang baru itu hanya dapat kita peroleh apabila kita menetapkan hati kita untuk mengutamakan Tuhan. Maksudnya menganggap kebutuhan untuk mengenal Tuhan, kehendak-Nya dan rencana-Nya sebagai sesuatu yang penting dan mendesak.


Dengan sungguh-sungguh mengutamakan Tuhan, kita akan menyediakan waktu yang memadai ditengah-tengah kesibukan mencari nafkah, mengurus rumah tangga, berkarier, studi dan lain sebagainya. Akhirnya kita bisa menghayati apa artinya melakukan segala sesuatu untuk kemuliaan Tuhan. Bila sampai di level ini, sulitlah bagi kita untuk kembali terbelenggu dengan kesenangan dunia. Sudah tak mungkin lagi kita menoleh ke belakang seperti istri Lot (Luk. 17:32).


Apakah kita sudah mulai mencari Tuhan? Jika ya, jangan berhenti. Berjalanlah terus mencari Tuhan sampai di “titik tidak balik” (point of no return), di mana pengharapan keselamatan menjadi milik yang pasti (Ibr. 6:11). Petrus menyebutkannya sebagai hak penuh untuk memasuki Kerajaan kekal, yaitu Kerajaan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus (2Ptr. 1:11). Memang ini menuntut keseriusan, sebab tidak dapat diperoleh dengan mudah dan murah. Tidak bisa instan, tetapi harus diperjuangkan dengan melibatkan dan mengerahkan seluruh waktu, tenaga dan segala sesuatu yang ada pada kita. Namun jika kita mau melakukannya, maka kita akan melihat bahwa sungguh Ia memberikan berkat rohani-Nya yang baru setiap hari.



Berkat rohani-Nya yang baru setiap hari hanya dapat kita peroleh apabila kita menetapkan hati kita untuk mengutamakan Tuhan.



Diadaptasi dari Truth Daily Enlightenment, dengan ijin penerbit.


Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Lisensi Creative Commons
Renungan Virtue Notes is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Unported License.
Berdasarkan karya di virtuenotes.blogspot.com.