RSS
email

Dapatkan Renungan Virtue Notes Langsung ke Email Anda!

Berjuang Menemukan Tuhan

Renungan Harian Virtue Notes, 16 Nopember 2011

Berjuang Menemukan Tuhan



Bacaan: Matius 5: 6


5:6 Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.



Konsep mengenai Tuhan yang keliru yang telanjur dimiliki seseorang akan menghambat pertemuan dengan-Nya. Jika konsep ini dipertahankan, ia tidak pernah menemukan Tuhan selamanya. Maka marilah dengan rendah hati kita melakukan introspeksi, apakah konsep kita selama ini salah, dan kita benar-benar sudah mengenal-Nya?


Para pembicara yang memberi kesan bahwa mengenal Tuhan itu sangat mudah biasanya membangun ajarannya bukan berdasarkan landasan Alkitab, melainkan dari pengalaman pribadi. Dalam pengalaman hidup sebagai pelayan Firman, penulis sering bertemu orang yang termasuk cakap berbicara mengenai Tuhan, namun sebetulnya belum mengenal-Nya sebab masih terbelenggu konsep yang salah.


Ciri-ciri dari konsep mengenai Tuhan yang benar adalah konfirmasi dari-Nya mengenai kebenaran. Kehausan yang tulus akan Tuhan pasti akan dijawab-Nya, sebab sabda-Nya bahwa orang yang haus dan lapar akan kebenaran akan dipuaskan. Tetapi seseorang baru dapat dikatakan haus dan lapar kalau belum kenyang. Karena itulah jika kita merasa tidak memiliki apa-apa, justru kita bisa menemukan Tuhan. Ia akan memberikan kita pengalaman nyata yang dapat meneguhkan pengenalan akan Tuhan yang benar. Pengalaman demi pengalaman yang benar dengan Tuhan akan membangun sikap hidup yang benar secara permanen di hadapan Tuhan; artinya tidak akan berubah lagi.


Allah menciptakan manusia sebagai makhluk yang perlu berjuang, bukan makhluk yang hidup santai-santai saja. Jadi Ia menginginkan kita untuk berusaha menemukan-Nya dalam perjuangan yang harus terus bergulir sampai Tuhan Yesus datang kembali. Disebut perjuangan, sebab manusia baru bisa mengenal Tuhan jika mengisi hidupnya dengan kebenaran dan meninggalkan keinginan daging, keinginan mata dan keangkuhan hidup.


Sesungguhnya Allah sudah memberikan kesempatan yang sangat besar untuk menemukan-Nya dengan benar. Pengenalan yang benar mengenai satu-satunya Allah yaitu Allah Abraham, Ishak dan Yakub, serta satu-satunya Juruselamat yaitu Yesus Kristus Tuhan kita (Yoh. 17:3) akan membangun pengalaman bersama-Nya yang benar yang akan menambah kehausan akan Tuhan. Kita akan tetap merasa haus, merasa bahwa pengenalan dan pengalamannya masih sangat kurang. Pertemuan dan pengalaman dengan Tuhan akan membangun hubungan eksklusif yang akan terus berlanjut di Kerajaan Bapa di Surga.



Kehidupan ini adalah perjuangan untuk menemukan Tuhan.



Diadaptasi dari Truth Daily Enlightenment, dengan ijin penerbit.


Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Lisensi Creative Commons
Renungan Virtue Notes is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Unported License.
Berdasarkan karya di virtuenotes.blogspot.com.