RSS
email

Dapatkan Renungan Virtue Notes Langsung ke Email Anda!

Perjuangan Dan Mahkota

Renungan Harian Virtue Notes, 30 Maret 2011

Perjuangan Dan Mahkota



Bacaan: Yakobus 1: 12


1:12 Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.



Tuhan Yesus dengan tegas menolak bujukan untuk menyembah dan berbakti kepada Iblis, dengan mengesampingkan perkara-perkara dunia ini. Maka kita pun harus bersikap demikian, sebab kehidupan Tuhan Yesus merupakan teladan yang harus kita ikuti. Dengan membuktikan keperkasaan-Nya, yaitu ketaatan-Nya kepada Bapa di Surga. Ia taat, bahkan sampai mati di kayu salib (Flp. 2:8). Itulah kemenangan-Nya. Jadi kemenangan Yesus bukan pada saat Ia membuat mukjizat atau mengusir setan-setan, tetapi ketaatan-Nya yang mutlak kepada Bapa di Surga.


Tuhan Yesus berkata, bahwa yang menang akan didudukkan bersama dengan-Nya dalam kemuliaan (Why. 3:21). Hanya kalau kita sungguh-sungguh bersikap seperti Yesus, barulah kita dapat menjadi manusia rohani dan menjadi pemenang yang sejati. Dengan demikian kita akan dibuat-Nya semakin memahami kebenaran-kebenaran Allah, jika kita bersungguh-sungguh tekun belajar. Kedewasaan kita akan bertumbuh cepat. Di tengah-tengah suasana dunia yang materialistis ini, kita harus tetap berpegang teguh kepada kebenaran Allah. Pada suatu hari nanti kita akan menerima kemuliaan bersama-sama dengan Tuhan Yesus.


Allah ingin membawa bangsa Israel ke Kanaan. Namun bangsa Israel melawan Musa karena mereka berniat untuk menikmati Mesir kembali. Itulah yang menghalangi rencana Allah membawa mereka sampai di Kanaan. Ini sama dengan orang Kristen yang berniat menikmati dunia dan kesenangan hari ini, sehingga menghalangi rencana Tuhan membawa orang percaya kepada kemuliaan kerajaan-Nya.


Untuk itu kita tidak boleh menyerah, tetapi harus melakukan perjuangan berat. Ini tidak dikerjakan oleh Tuhan Yesus lagi, tetapi kitalah yang mengerjakannya. Kitalah yang harus bergumul melawan segala pencobaan. Kitalah yang harus memikul salib kita sendiri (Mat. 10:38). Tidak ada mahkota tanpa salib (no crown without cross).


Maka kita tidak boleh berpikir bahwa Tuhan Yesus memborong semua perjuangan, dan setelah menang menyerahkannya kepada kita. Kita mempunyai bagian yang harus kita kerjakan sendiri. Bagian yang tidak dapat kita kerjakan memang dikerjakan oleh Tuhan. Kalau Tuhan Yesus mengerjakan semuanya bagi kita, maka kita tidak layak menerima mahkota apa pun. Tetapi karena Allah menjanjikan mahkota kehidupan bagi kita yang bertahan melalui berbagai ujian, maka kita harus berjuang.



Kita harus melakukan perjuangan kita dengan meneladani Yesus, agar menerima mahkota.



Dimodifikasi dari Truth Daily Enlightenment, dengan ijin penerbit.


Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Lisensi Creative Commons
Renungan Virtue Notes is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Unported License.
Berdasarkan karya di virtuenotes.blogspot.com.