RSS
email

Dapatkan Renungan Virtue Notes Langsung ke Email Anda!

Masih Sangat Berbahaya

Renungan Harian Virtue Notes, 25 Maret 2011

Masih Sangat Berbahaya



Bacaan: 1 Petrus 5: 8; Efesus 4: 27


1 Petrus 5: 8

5:8. Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.


Efesus 4: 27

4:27 dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.



Salah satu bahaya yang tidak disadari dalam kehidupan banyak orang Kristen hari ini adalah terlalu meremehkan Iblis, menganggap Iblis tidak berdaya lagi, sudah kalah. Lagu-lagu yang dinyanyikan di banyak gereja hari-hari ini memuat syair-syair yang mengesankan bahwa iblis tidak perlu diwaspadai, karena Yesus sudah menang.


Menganggap Iblis tidak berdaya membuat orang Kristen menjadi tidak waspada terhadap gerakan kuasa kegelapan yang cerdik. Rasul Petrus menyatakan bahwa Iblis berjalan keliling, sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya (1Ptr. 5:8). Kalau Iblis masih berjalan keliling, tentu belum knocked out, belum tergeletak tak berdaya.


Rasul Paulus juga mengingatkan jemaat bahwa orang percaya harus waspada agar tidak memberi kesempatan kepada Iblis (Ef. 4:27). “Kesempatan” dalam teks aslinya adalah τόπος (tópos) yang artinya “pangkalan” atau “tempat berpijak”. Berarti Iblis masih bisa berpijak dalam kehidupan orang percaya.


Dalam Efesus 4:17, Paulus juga mengingatkan bahwa ada kemungkinan orang-orang yang telah mengenal Allah bisa hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah. Jadi, ada orang-orang Kristen yang telah berubah sebagai orang-orang yang telah mengenal Allah, tetapi oleh karena sesuatu maka ia bisa kembali hidup seperti sebelum mengenal kebenaran.


Dengan demikian harus dimengerti bahwa kemenangan Tuhan Yesus di kayu salib bukan berarti Iblis telah dibuat-Nya tidak berdaya sama sekali. Para rasul menasihati jemaat agar waspada, sebab Iblis masih sangat berbahaya.


Tuhan Yesus juga menyatakan bahwa bisa terjadi kemungkinan bahwa orang yang telah menerima pelepasan dari kuasa kegelapan dapat kembali dikuasai kuasa kegelapan yang lebih banyak, sehingga keadaannya menjadi lebih parah (Mat. 12:43–45). Peringatan Tuhan jelas, bahwa kuasa kegelapan dapat memobilisasi pasukannya untuk membinasakan kehidupan seseorang.


Maka kita harus sadar bahwa sekalipun Kristus sudah menang, Iblis masih memiliki peluang untuk merebut manusia guna menjadi miliknya, agar suatu hari nanti bersama menghuni kerajaan kegelapan. Oleh karena bahaya ini, Tuhan Yesus berdoa untuk murid-muridnya agar Bapa melindungi mereka dari yang jahat. Tentu doa ini masih berlaku bagi kita sekarang, bahwa kita harus memberi diri hidup dalam tuntunan Bapa di Surga agar tidak terjangkiti kejahatan.



Kita harus waspada, sebab Iblis masih sangat berbahaya.



Dimodifikasi dari Truth Daily Enlightenment, dengan ijin penerbit.


Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Lisensi Creative Commons
Renungan Virtue Notes is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Unported License.
Berdasarkan karya di virtuenotes.blogspot.com.