RSS
email

Dapatkan Renungan Virtue Notes Langsung ke Email Anda!

Rancangan TUHAN Atau Usaha Manusia?

Renungan Harian Virtue Notes, 31 Mei 2010

Rancangan TUHAN Atau Usaha Manusia?


Bacaan : Ayub 42 : 1–6

42:1. Maka jawab Ayub kepada TUHAN:

42:2 "Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.

42:3 Firman-Mu: Siapakah dia yang menyelubungi keputusan tanpa pengetahuan? Itulah sebabnya, tanpa pengertian aku telah bercerita tentang hal-hal yang sangat ajaib bagiku dan yang tidak kuketahui.

42:4 Firman-Mu: Dengarlah, maka Akulah yang akan berfirman; Aku akan menanyai engkau, supaya engkau memberitahu Aku.

42:5 Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau.

42:6 Oleh sebab itu aku mencabut perkataanku dan dengan menyesal aku duduk dalam debu dan abu."


Sering dalam hidup ini kita mengalami hal-hal yang tidak enak atau tidak sesuai dengan keinginan kita, seperti sakit, kecelakaan, bangkrut, dikhianati pasangan kita, diberhentikan dari pekerjaan, dan sebagainya. Ini suatu kenyataan hidup yang tidak dapat dimungkiri.

Seorang teman di kantor penulis pernah bercerita bahwa ia pernah kehilangan seluruh isi rumahnya karena dijarah oleh gerombolan massa pada saat kerusuhan Mei 1998. Dan hal itu mengakibatkan trauma yang mendalam dalam kehidupannya. Ia bertanya-tanya, “Mengapa semua itu terjadi?”, “Apa salahku?”, “Di mana TUHAN saat semuanya itu terjadi?” Tidak jarang juga orang yang sudah bekerja keras seumur hidupnya, tetapi tetap juga hidup susah dan miskin, sehingga akhirnya berkata “Ya memang sudah nasibku, seumur hidup jadi orang miskin”. Dan masih banyak contoh-contoh lainnya.

Manusia dengan segala kemajuan ilmu dan teknologi, serta kemampuan antisipasinya selalu berusaha agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun kenyataannya, tidak semua aspek kehidupan bisa kita kuasai (Ams. 19:21). Ada hal-hal yang berada diluar kendali kita. Di sinilah TUHAN berkarya dengan segala misterinya. Sebagai ciptaan yang berakal budi, wajar jika kita berusaha menghindarkan segala bentuk bahaya dan berusaha semaksimal mungkin mendayagunakan potensi yang ada dalam diri kita, karena di alam ini berlaku hukum tabur tuai (Gal. 6:7). Tetapi jika toh bahaya itu datang juga, dan kita tidak mampu untuk mengubah atau menolaknya, maka kita harus belajar dengan rasa syukur dan jiwa yang besar untuk menerimanya. Bukankah semuanya terjadi atas seizin TUHAN? TUHAN jauh lebih tahu apa yang tepat untuk kita.

Dalam hal ini kita perlu belajar pada Ayub, yang meskipun diizinkan untuk mengalami penderitaan yang dahsyat dalam hidupnya, tetapi justru karenanyalah Ayub menemukan TUHAN dengan mengalaminya sendiri, bukan lagi kata orang. Dengan demikian beban penderitaan mental akan terasa jauh lebih ringan. "Aku tahu, bahwa ENGKAU sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-MU yang gagal,” kata Ayub (Ayb. 42:1).

TUHAN lah yang merancang segala sesuatu yang baik di alam ini, sedangkan kita wajib meresponinya dengan bertanggung jawab untuk kemuliaan-NYA. Yang terpenting adalah tetap berusaha menjadi sempurna seperti yang diinginkan-NYA, dan percaya bahwa semua yang terjadi merupakan cara TUHAN mendewasakan kita.


Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Lisensi Creative Commons
Renungan Virtue Notes is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Unported License.
Berdasarkan karya di virtuenotes.blogspot.com.
 
Powered By Blogger