RSS
email

Dapatkan Renungan Virtue Notes Langsung ke Email Anda!

Komitmen Mengikut Kristus

Renungan Harian Virtue Notes, 29 Mei 2010

Komitmen Mengikut Kristus


Bacaan : Matius 10 : 34-42

10:34 "Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.

10:35 Sebab Aku datang untuk memisahkan orang dari ayahnya, anak perempuan dari ibunya, menantu perempuan dari ibu mertuanya,

10:36 dan musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya.

10:37 Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku.

10:38 Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku.

10:39 Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.

10:40 Barangsiapa menyambut kamu, ia menyambut Aku, dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku.

10:41 Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah nabi, dan barangsiapa menyambut seorang benar sebagai orang benar, ia akan menerima upah orang benar.

10:42 Dan barangsiapa memberi air sejuk secangkir sajapun kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya."


Aktris Sigourney Weaver membantu gorila terlantar yang membutuhkan pertolongan melalui Pusat Rehabilitasi dan Pendidikan Konservasi Gorila atau Gorila Rehabilitation and Conservation Education (GRACE) Center yang sedang dibangun di Kongo dan akan beroperasi mulai Maret 2010. Sebuah film berjudul "Gorillas in the Mist" yang dibintangi Weaver memaksanya untuk 10 tahun meneliti tingkah hewan ini dan akhirnya memimpin sebuah lembaga konservasi ini. Gorila telantar yang berubah secara psikologis karena dikejar pemburu akan dirawat agar bisa menjadi gorila normal dan aspek fisik gorila. Memang tidak ada yang murah dan gratis dalam segala hal. Semua membutuhkan komitmen untuk menjadikannya.

Bukankah mengikut Kristus juga merupakan pertaruhan sepanjang hidup? Jadi jika tujuan kita mengikut Kristus masih supaya kita akan diberkati secara materi, keluarga bahagia dan hidup senang semata, sebaiknya kita menyimak bacaan hari ini dengan teliti, jujur, rendah hati dan mau dikoreksi. Sebab "Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih daripada-KU, ia tidak layak bagi-KU", kata TUHAN, "Siapa tidak memikul salibnya dan mengikut AKU, ia tidak layak bagi-KU" dan "siapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya".

Alkitab tidak pernah mengajarkan Kekristenan yang setengah-setengah, sebab harga mati menjadi seperti Kristus adalah tidak mengasihi yang lain kecuali Kristus. Dalam bacaan ini Yesus tidak berbicara mengenai hal-hal yang lahiriah, seperti kita meninggalkan orang tua kita dan kemudian menginap di Gereja. Sebaliknya IA mengajarkan sikap batin yang menaruh TUHAN di hierarki tertinggi kehidupan dan melibatkan Kristus dalam seluruh aspek kehidupan, menjadikan-NYA tujuan hidup.

Persoalannya adalah bagaimana caranya? Seperti komitmen Weaver menggunakan waktunya untuk menolong gorila, kita juga harus berkomitmen untuk mengambil porsi waktu kita yang terbaik untuk belajar mengenal Kristus dan Kerajaan-NYA. Jika kita mengatakan "tidak ada waktu", itu artinya kita tidak mempunyai komitmen, sebab kita pasti mempunyai waktu untuk hak-hal yang kita anggap penting. Buatlah check list dengan jujur, jika kita diberi 24 jam oleh TUHAN, berapa jam kita dalam pimpinan-NYA? Tambatkanlah hati kita kepada TUHAN, setelah itu TUHAN yang akan berproses melalui Roh Kudus-NYA dalam diri kita. Sehingga di manapun kita berada, baik di Gereja, di kantor, di rumah, maupun di mal atau di kafe, IA selalu mendidik kita untuk semakin mengerti kehendak-NYA.


Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Lisensi Creative Commons
Renungan Virtue Notes is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Unported License.
Berdasarkan karya di virtuenotes.blogspot.com.
 
Powered By Blogger