RSS
email

Dapatkan Renungan Virtue Notes Langsung ke Email Anda!

Mengakhiri Pertandingan Dengan Baik

Renungan Harian Virtue Notes, 28 Mei 2010

Mengakhiri Pertandingan Dengan Baik



Bacaan : 2 Timotius 4 : 7-8

4:7 Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.

4:8 Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya


Selayaknya sebuah perlombaan lari maraton dalam sebuah olimpiade, maka sang pemenang dengan catatan waktu tercepat dan menempuh jarak. 42, 195 km untuk mencapai garis finish akan menerima penghargaan atas prestasinya itu, medali emas, dan mahkota khas olimpiade. Sebagai anak-anak TUHAN kita juga diikutsertakan-NYA dalam pertandingan yang wajib bagi kita (Ibrani 12 : 1). Dan TUHAN Yesus mengikutsertakan kita ke dalam pertandingan ini bukan hanya untuk memulainyan tetapi yang terpenting, untuk mengakhirinya dengan baik.

Dalam hal ini, Rasul Paulus memberi teladan kepada kita. Pertama, ia mengatakan bahwa ia telah mengakhiri pertandingan dengan baik. Maksudnya, ia telah menang dalam perjuangannya melawan iblis, dunia, dosa, dan kedagingan. Kedua, ia telah mencapai garis akhir. Ia telah mencapai tujuan akhir dalam maraton hidup, menjalankan kehendak TUHAN. Kekristenan bukanlah lari sprint (jarak pendek), melainkan maraton. Sebagai perlombaan lari jarak jauh (42, 195 km), pelari maraton membutuhkan stamina yang sangat tinggi, latihan yang sangat berat, dan kegigihan yang luar biasa. Ketiga, Paulus telah memelihara iman. Ia tetap setia kepada Majikan Agungnya dan Injil yang murni, sesuai yang diikrarkannya.

Sebagai hadiahnya, TUHAN telah menyediakan mahkota kebenaran (ayat 8). Dan itu bukan hanya untuk Paulus, melainkan untuk kita juga, asalkan kita merindukan kedatangan TUHAN, yang dibuktikan dengan mengikuti teladan Paulus : Dengan gigih dan pantang menyerah terus berlari hingga kita mengakhiri pertandingan dengan baik, mencapai garis akhir dan memelihara iman.


Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Lisensi Creative Commons
Renungan Virtue Notes is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Unported License.
Berdasarkan karya di virtuenotes.blogspot.com.