RSS
email

Dapatkan Renungan Virtue Notes Langsung ke Email Anda!

Tidak Terikat

Renungan Harian Virtue Notes, 27 Mei 2010

Tidak Terikat


Bacaan : Matius 13 : 44-46

13:44. "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu.

13:45 Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah.

13:46 Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu."


Sebagaimana kita tidak boleh terikat dengan TUHAN hanya pada waktu di Gereja, demikian pula kita tidak boleh tidak terikat dengan dunia hanya pada wakti di kebaktian, melainkan sepanjang waktu usia kita di bumi ini. Ketidakterikatan dengan dunia bukan karena kita tidak menjadi pengusaha; ketidakterikatan dengan dunia bukan karena kita sedang beribadah di gedung Gereja; tetapi ketidakterikatan dengan dunia harus selalu menjadi prinsip kita di segala tempat, segala waktu. Jika seseorang sebenarnya memiliki kesempatan untuk terikat dengan sesuatu (kesedihan, kekuatiran, kesenangan, harta, tahta, pria tampan/wanita cantik, kedudukan, gelar, hawa nafsu, dll) tetapi ia menolaknya dan mengarahkan kehendak bebasnya untuk melakukan apa yang TUHAN kehendaki, berarti ia serius untuk tidak terikat dengan ikatan lain selain dengan TUHAN saja.

Berarti terhindar dari segala keterikatan bukan berarti 'menghilang' dari dunia, tetapi apakah kita mau memilih untuk berkata TIDAK pada segala tawaran dunia dan keinginan diri, dan berkata IYA untuk segala kehendak BAPA. Apakah kita mau meninggalkan keterikatan, berani menukarkannya dengan kekayaan Kerajaan Surga seperti yang diceritakan Yesus? Melepaskan keterikatan adalah persoalan hati, bukan persoalan fisik atau apa yang kelihatan di mata manusia.

Kekristenan kita memuaskan hati TUHAN kalau kita dapat menjadi satu Roh dengan DIA. Ini sebuah harta yang lebih dari segala kekayaan dan harta yang dapat kita miliki. Ini masalah batin. Itulah sebabnya Kekristenan tidak hanya bagian dari hidup kita, tetapi seluruh kehidupan kita. Carilah dahulu Kerajaan ALLAH.


Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Lisensi Creative Commons
Renungan Virtue Notes is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Unported License.
Berdasarkan karya di virtuenotes.blogspot.com.