RSS
email

Dapatkan Renungan Virtue Notes Langsung ke Email Anda!

Tidak Ada Blank Spot

Renungan Harian Virtue Notes, 29 Oktober 2010

Tidak Ada Blank Spot


Bacaan: Kejadian 1:27–28

1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.
1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."


Pernah terdengar seseorang berkata, bahwa semua profesi manusia itu merupakan pekerjaan yang harus dimaksimalkan. Asal bekerja sungguh-sungguh, itu sebuah pekerjaan yang baik untuk menopang kehidupan. Maka menjadi seorang PSK (pekerja seks komersial), pembalak hutan liar, perampok atau maling juga profesi yang baik. Ini mendapat pembenaran dalam filosofi humanisme: mungkin orang ini terjebak oleh masa lalunya sehingga harus berprofesi demikian; dia menopang anak istrinya di rumah; tujuannya sebenarnya baik. Benarkah demikian?

Sinyal di ponsel kita acapkali melalui blank spot di daerah tertentu sehingga kita tidak bisa bertelepon atau ber-SMS. Namun hidup dalam kebenaran Kristus tidak mengenal blank spot. Tidak ada area di dalam hidup kita yang boleh diisi dengan salah. Dalam hal profesi tadi, mari kita kembali kepada Alkitab.

Pertama, mandat budaya di ay. 28 itu diperintahkan oleh Tuhan, jadi mungkinkah Tuhan memerintahkan manusia untuk berzina dan menjual diri? Kedua, Mandat itu diberikan didalam lingkungan Adam dan Hawa sebagai orang kudus ciptaan Allah, tidak di dalam koridor dosa saat ini.

Berarti sebagai orang yang dipercaya Tuhan untuk mengembangkan bumi, bolehkah orang yang katanya mengasihi Tuhan, membalak hutan dan menyebabkan hutan gundul? Bolehkah ia korupsi? Sungguhkah dia mengasihi Tuhan, bila menari di atas penderitaan orang lain dengan merampas hak mereka? Maka jelas bahwa anak Tuhan tidak boleh bekerja di area yang bertentangan dengan etika kehidupan, seperti menjadi pelacur, mucikari, perampok, koruptor, pemalak, dan lain sebagainya. Pemerintahan Tuhan harus dibawa dalam seluruh aspek kehidupan, sebab tidak ada blank spot yang boleh tidak dikuasai Tuhan dalam kehidupan kita.

Justru Tuhan memanggil kita untuk memberantas praktik dosa dalam profesi kita. Di mana pun kita berada di luar gereja, kita harus dalam pemerintahan Tuhan. Ini juga berlaku bagi profesi pelajar atau mahasiswa; bersekolahlah untuk-Nya. Untuk mengenal Tuhan, kita perlu pengetahuan. Sebab bagaimana mungkin kita mengagumi karya cipta alam semesta jika kita tidak mengagumi kedelapan planet dalam tata surya Matahari yang merupakan salah satu dari tata bintang karya Tuhan
yang tak terhingga jumlahnya? Orang akan menemukan Tuhan ketika mempelajari hukum Archimedes, hukum gravitasi, teori relativitas, teori kuantum dan banyak hukum dan teori fisika lainnya yang sangat berguna di dalam kehidupan manusia. Itu pun semua dalam pemerintahan-Nya, tidak ada blank spot.


Hidup di dalam Kristus tidak mengenal blank spot, sebab semua aspek kehidupan kita ada dalam pemerintahan-Nya.


Dimodifikasi dari Truth Daily Enlightenment, dengan ijin penerbit.


Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Lisensi Creative Commons
Renungan Virtue Notes is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Unported License.
Berdasarkan karya di virtuenotes.blogspot.com.