RSS
email

Dapatkan Renungan Virtue Notes Langsung ke Email Anda!

Manuver Roh Kudus

Renungan Harian Virtue Notes, 6 September 2011

Manuver Roh Kudus



Bacaan: Yohanes 5: 17


5:17 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Akupun bekerja juga."



Kehidupan orang Kristen yang benar adalah kehidupan yang dinamis, tidak terikat bahkan oleh tradisi dan pola Kekristenan yang ada. Orang percaya seperti ini akan terus menggeliat dan terus berusaha keras untuk menemukan manuver Allah melalui Roh-Nya, yang bekerja aktif guna menyelamatkan sebanyak mungkin jiwa-jiwa masuk ke dalam kerajaan-Nya.


Jika kita orang Kristen yang dinamis seperti itu, bagi kita yang penting bukanlah bagaimana kehidupan yang telah kita jalani, melainkan apa yang akan dikerjakan Allah di waktu mendatang. Kita akan berusaha untuk menemukan rahasia-rahasia kebenaran Tuhan melalui Firman-Nya yang tertulis dalam Alkitab. Kebenaran-kebenaran ini akan membangun kecerdasan rohani yang memampukan kita mengenali tipu muslihat Iblis di dunia modern yang sangat cerdik.


Sebagai orang Kristen yang menemukan manuver Roh Kudus, kita akan memiliki terobosan-terobosan yang kadang-kadang sukar dimengerti oleh orang Kristen yang kurang bertumbuh. Terobosan-terobosan ini kadang-kadang membuat kita dicap sesat dan keluar dari jalur Kekristenan yang benar. Padahal, merekalah yang tidak mengerti kebenaran sama sekali, sebab tidak bertumbuh. Yang kurang bertumbuh melangkah selangkah, tetapi yang bertumbuh dengan benar sudah melangkah sepuluh langkah ke depan. Bahkan yang tidak bertumbuh jalan di tempat.


Mari mengerti kehendak Tuhan dalam hidup kita yang sedang kita jalani sekarang. Untuk setiap masa, ada rencana-rencana Tuhan yang khas, yang hendak digelarnya bagi manusia pada masa itu. Oleh sebab itu pola Kekristenan dan pola pelayanan gerejawi yang sudah usang tidak bisa dipakai lagi untuk dunia hari ini yang lebih kompleks. Tuhan memiliki banyak cara untuk menyelamatkan generasi ini dan generasi masa depan. Ia memiliki terapi yang sempurna untuk manusia pada zamannya.


Kita harus belajar menangkap manuver-manuver baru Roh Kudus di generasi kita hari ini. Ini sejajar dengan fenomena berbagai penyakit yang muncul dewasa ini. Banyak penyakit yang tidak bisa diobati dengan obat yang biasa digunakan bertahun-tahun lampau. Kalau penyakit mengalami perkembangan, maka terapi atau antisipasi medisnya pun juga harus mengalami perkembangan. Kalau tipu muslihat Iblis mengalami perkembangan, maka cara kita menghadapinya juga harus mengalami perkembangan. Roh Kudus masih bekerja. Ia ingin mengajar kita sesuai dengan cara-Nya di zaman ini, asalkan kita mau diajar.



Rencana Tuhan hari ini membutuhkan manuver hari ini, bukan manuver zaman dulu.



Diadaptasi dari Truth Daily Enlightenment, dengan ijin penerbit.


Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Lisensi Creative Commons
Renungan Virtue Notes is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Unported License.
Berdasarkan karya di virtuenotes.blogspot.com.