RSS
email

Dapatkan Renungan Virtue Notes Langsung ke Email Anda!

Doa Mohon Perlindungan Tuhan

Renungan Harian Virtue Notes, 23 September 2011

Doa Mohon Perlindungan Tuhan



Bacaan: Filipi 4: 19


4:19 Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.



Satu lagi doa yang sering dinaikkan orang beragama namun belum tentu benar adalah doa mohon perlindungan Tuhan. Bagi banyak orang, doa ini sering didasari sikap hati yang salah, yang bertolak pada anggapan bahwa Tuhan tidak atau kurang melindungi kita, jika umat tidak menyampaikan permohonan agar Ia memberikan perlindungan yang lebih memadai.


Buktinya, jika terjadi suatu kecelakaan atau musibah, tidak jarang orang mengatakan bahwa itu akibat kurang berdoa. Karena kurang berdoa, Tuhan tidak mau memberikan perlindungan-Nya secara memadai. Mereka mengharapkan akan memperoleh kekuatan secara ajaib melalui doa untuk terhindar dari malapetaka. Dengan hal ini, maka doa mohon perlidungan Tuhan menjadi alat yang bersifat mistis untuk mendapatkan perlindungan-Nya. Kita harus tegas mengatakan bahwa pola berpikir seperti ini adalah keliru.


Tuhan sudah menyediakan perlindungan-Nya secara memadai bagi mereka yang melayani-Nya dan mengemban pekerjaan-Nya. Namun untuk apa Tuhan menyertai mereka yang hidup untuk diri sendiri dan tidak menyentuh pelayanan pekerjaan Tuhan? Kalau seseorang mohon perlindungan Tuhan padahal ia tidak hidup untuk Tuhan, berarti ia mau menjadikan Tuhan sebagai pelayannya untuk memuaskan ambisi dan keinginannya sendiri.


Jadi doa mohon perlindungan Tuhan bukan sekadar permintaan, melainkan dialog yang menyatakan komitmen kita untuk mengawal pekerjaan-Nya. Suatu komitmen untuk bersama dengan Tuhan menggenapi rencana-Nya. Bagi orang-orang yang melayani Tuhan, Yesus menjamin bahwa Ia menyertai mereka sampai akhir zaman (Mat 28:20).


Sejajar dengan ini, Rasul Paulus menulis, “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.” Allah memenuhi segala keperluan kita kalau kita mendukung pekerjaan-Nya. Kalau kita tidak mempedulikan pekerjaan Tuhan tetapi memohon perlindungan-Nya, itu berarti kita berusaha memperdaya Tuhan. Sebaliknya kalau kita mendukung pekerjaan Tuhan seperti jemaat Filipi, maka Ia pasti memenuhi segala kebutuhannya. Dalam hal ini jelaslah, bahwa perlindungan dan pemeliharaan Tuhan adalah hak bagi mereka yang hidup bagi-Nya. Orang yang hidup dalam penghayatan melayani Tuhan tidak akan kuatir menatap hari esok, sebab ia tidak hidup untuk dirinya sendiri, tetapi hidup untuk kepentingan Tuhan semata-mata.



Allah memenuhi segala keperluan kita kalau kita mendukung pekerjaan-Nya.



Diadaptasi dari Truth Daily Enlightenment, dengan ijin penerbit.


Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Lisensi Creative Commons
Renungan Virtue Notes is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Unported License.
Berdasarkan karya di virtuenotes.blogspot.com.