RSS
email

Dapatkan Renungan Virtue Notes Langsung ke Email Anda!

Jangan Kompromi

Renungan Harian Virtue Notes, 22 Pebruari 2011

Jangan Kompromi



Bacaan: Matius 22: 37-40


22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.

22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."



Banyak orang menemukan kesenangan-kesenangan di dalam gereja, sehingga mereka bisa menjadi pengunjung gereja yang setia, tetapi tidak bertumbuh dalam kedewasaan yang sesungguhnya. Di gereja mereka bertemu dengan orang-orang baik yang bisa diajak menikmati kesenangan bersama, dan berguna untuk beberapa kepentingan pribadi mereka. Dengan pergi ke gereja, ada ketenteraman jiwa, merasa bahwa dirinya memiliki jaminan masuk Surga, dan kalau meninggal pun jenazahnya ada yang mengurus.


Tentu lebih baik bergaul dengan orang yang baik, daripada orang rusak di luar gereja. Tetapi harus diingat, selain terdapat orang baik, di gereja juga terdapat orang yang selalu mencari kesempatan untuk memanfaatkan orang lain. Kelompok orang Kristen kualitas ini tidak sedikit di dalam segala denominasi. Mereka memiliki komunitas yang kadang kuat dan sangat berpengaruh di dalam gereja. Bila mereka memiliki kekuasaan yang kuat dalam organisasi, mereka bisa mengatur pendeta atau penatua, dan mengarahkan pelayanan pada arah yang tidak sesuai dengan kehendak Roh Kudus. Kalau kelompok ini berduit, maka kekuasaannya dalam gereja menjadi semakin kuat.


Pada dasarnya bagi orang-orang seperti ini kegiatan gerejawi bukanlah usaha untuk bertumbuh dalam kedewasaan rohani yang baik dan membangun jiwa serta semangat pelayanan yang murni untuk menyelamatkan jiwa orang lain. Ya, bagaimana bisa menyelamatkan jiwa orang lain? Jiwanya sendiri saja belum tentu selamat. Itulah sebabnya Tuhan Yesus memerintahkan agar kita mengasihi sesama seperti kita mengasihi diri sendiri. Kalau orang belum dapat mengasihi diri sendiri dengan benar, tak mungkin ia dapat mengasihi sesamanya.


Ciri-ciri orang Kristen yang mengganggu pekerjaan Tuhan ini adalah masih kompromi terhadap praktik-praktik hidup yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan dan tidak mau all out bagi Tuhan. Di mata manusia, memang mereka bukan orang jahat, tetapi sesungguhnya mereka tidak mengerti kebenaran sehingga tidak pernah memiliki compassion terhadap jiwa-jiwa orang lain maupun jiwanya sendiri.


Mari kita selidiki diri kita sendiri, jangan sampai kita terbilang dalam kelompok orang-orang yang mengganggu pekerjaan Tuhan ini. Sadarlah bahwa kita diciptakan bagi Tuhan, karena itu melayani Tuhan secara all out dan tidak kompromi dengan dunia merupakan irama hidup yang harus kita miliki.



Layanilah Tuhan dengan all out, dan jangan kompromi dengan dunia.



Dimodifikasi dari Truth Daily Enlightenment, dengan ijin penerbit.


Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Lisensi Creative Commons
Renungan Virtue Notes is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Unported License.
Berdasarkan karya di virtuenotes.blogspot.com.