RSS
email

Dapatkan Renungan Virtue Notes Langsung ke Email Anda!

Langkah Menjadi Sahabat Tuhan


Renungan Harian Virtue Notes, 18 Januari 2012
Langkah Menjadi Sahabat Tuhan


Bacaan: Yohanes 15:14

15:14 Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.


Betapa hebat kalau seseorang bisa menjadi sahabat Tuhan, orang kepercayaan Tuhan. Setiap orang memiliki kesempatan untuk ini, sebab memang Tuhan menciptakan manusia untuk menjadi kawan sekerja-Nya dalam melaksanakan kehendak-Nya. Kalau Adam menjadi kawan sekerja Allah untuk meneruskan karya ciptaan-Nya, kita sebagai orang percaya diberi kepercayaan untuk menjadi kawan sekerja Allah untuk meneruskan karya keselamatan Allah dalam Yesus Kristus. Tuhan hendak memakai orang percaya yang bisa diajak sepenanggungan dengan Tuhan meneruskan berita Injil sampai ke ujung bumi. Dengan demikian seharusnya setiap orang percaya menyadari panggilan ini.

Langkah pertama untuk menjadi sahabat Tuhan adalah mengenal siapakah Dia. Ini terdengar sederhana, tetapi sesungguhnya tidak. Mengenal Allah membutuhkan kerja keras dan waktu yang panjang. Tuhan tidak akan pernah memakai seseorang yang tidak mengenal pribadi-Nya. Dengan mengenal pribadi-Nya, kita akan mengerti kehendak-Nya. Alkitab penuh dengan kebenaran yang akan membuka pikiran kita untuk mengenal pribadi-Nya. Dari memahami kebenaran dalam Alkitab, Tuhan akan terus menuntun kita untuk mengenal pribadi-Nya dalam pengalaman konkret.

Langkah kedua, kita harus memiliki komitmen untuk melakukan kehendak-Nya. Diawali dengan menuruti hukum-hukum harfiah yang tertulis dalam Alkitab, kemudian dengan belajar untuk menghindari tindakan apa pun yang bisa melukai hati Tuhan. Komitmen untuk menyenangkan hati Tuhan harus terus dijaga dalam hati kita. Bagaimanapun sulitnya, kita harus memiliki kesediaan untuk melakukan kehendak-Nya. Komitmen ini harus di dorong oleh hati yang mengasihi-Nya, sebab kasih kita kepada Tuhan akan menggerakkan kita agar rela melakukan apa pun yang diingini-Nya.

Langkah ketiga, kita harus memiliki kepekaan untuk mengerti apa yang dikehendaki oleh Tuhan dan berusaha untuk menemukan apa yang dikehendaki oleh Tuhan untuk kita lakukan. Usaha ini harus merupakan usaha serius yang kita pandang paling penting dari segala hal dalam hidup ini. Pencarian yang serius akan hal ini akan membuat kita rela mengesampingkan apapun.

Kalau kita berani bersungguh-sungguh komitmen untuk mengerti dan melakukan kehendak-Nya, maka Tuhan pasti akan menunjukkan apa yang dikehendaki-Nya untuk kita lakukan.


Sudahkah kita menyadari panggilan untuk menjadi sahabat yang bisa diajak sepenanggungan dengan Tuhan?


Diadaptasi dari Truth Daily Enlightenment, dengan ijin penerbit.

Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Lisensi Creative Commons
Renungan Virtue Notes is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Unported License.
Berdasarkan karya di virtuenotes.blogspot.com.