RSS
email

Dapatkan Renungan Virtue Notes Langsung ke Email Anda!

Hora, Khronos, dan Kairos

Renungan Harian Virtue Notes, 8 September 2010
Hora, Khronos, dan Kairos


Bacaan : 2 Korintus 5 : 9–10

5:9 Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya.
5:10 Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.
 

Sering kita mendengar orang berkata, bahwa bukan langkah awal perjalanan yang menentukan, tetapi langkah akhirlah yang menentukan. Karena hampir semua orang setuju dengan pernyataan tersebut, maka banyak orang Kristen pun ikut-ikutan setuju. Benarkah pernyataan tersebut? Apakah akhir perjalanan hidup seseorang yang menentukan segalanya?

Pernyataan ini mengesankan bahwa hanya saat-saat terakhirlah yang menentukan nasib kekal seseorang. Bila konsep ini diterima, maka ada kecenderungan untuk tidak mulai berjaga-jaga mempersiapkan diri sebelum mendekati hari kematian atau menghadap takhta pengadilan TUHAN. Ini sebuah kecerobohan, sebab seseorang tidak pernah tahu kapan saat terakhir hidupnya. Itulah sebabnya TUHAN jarang sekali memberitahu kapan seseorang dipanggil-NYA pulang, supaya ia senantiasa berjaga-jaga.

Sebenarnya yang menentukan nasib kekal kita tidak hanya akhir perjalanan hidup kita, tetapi juga awal, pertengahan dan seluruh perjalanan hidupnya. Jangan kita berpikir bahwa awal dan pertengahan perjalanan hidup tidak sepenting akhirnya. Seluruh waktu yang tersedia adalah kesempatan menyiapkan diri bertemu dengan Sang Hakim Agung. Ini berarti setiap saat pun kita harus siap menghadap TUHAN untuk mempertanggungjawabkan seluruh kehidupan kita selama di dunia.

Dalam bahasa Yunani ada beberapa kata yang dapat diterjemahkan menjadi “waktu” dalam bahasa Indonesia. Pertama, ὥρα (hóra). Kata ini merujuk waktu dalam pengertian durasinya (panjang pendeknya, lama singkatnya). Kita harus memperhatikan bahwa durasi waktu hidup kita sangat singkat. Kedua, χρόνος (khrónos), artinya waktu dalam pengertian urut-urutannya. Kata ini merupakan akar kata “kronologi”. Dalam kebijaksanaan TUHAN, IA telah merancang segala sesuatunya indah. Rancangan-Nya tersebut seperti kurikulum universitas yang dirancang, agar mahasiswa dapat menjadi lulusan yang berkualitas. Sedangkan kata ketiga adalah καιρός (kairós), yang berarti momentum. Ada saat-saat yang berharga dan sangat berarti dalam kehidupan ini dimana TUHAN menggarap seseorang.

Tiga kata untuk waktu ini mengisyaratkan bahwa seluruh perjalanan waktu idup ini penting. Bukan hanya awal perjalanan yang penting, tetapi juga seluruh hóra (durasi), khrónos (urut-urutan kejadian) dan kairós (momentum atau kesempatan) yang TUHAN sediakan bagi kita guna proses pendewasaan kita. Oleh karena itu, kita harus memahami betapa berharganya setiap detik waktu kita.


Dimodifikasi dari Truth Daily Enlightenment, dengan ijin penerbit.

Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Lisensi Creative Commons
Renungan Virtue Notes is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Unported License.
Berdasarkan karya di virtuenotes.blogspot.com.