RSS
email

Dapatkan Renungan Virtue Notes Langsung ke Email Anda!

Manusia Termometer

Renungan Harian Virtue Notes, 23 Juli 2010
Manusia Termometer

Seri: Dua Jenis Manusia


Bacaan : 1Yohanes 2 : 16


2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.


Apapun dalam kehidupan seorang manusia akan memberi pengaruh kepada lingkungannya. Masalahnya adalah pengaruh apakah yang dipancarkan, positif atau negatif. Ini sejajar dengan kenyataan bahwa hanya ada dua jenis manusia, yaitu manusia yang dipengaruhi dunia, yang disebut sebagai manusia termometer, dan jenis manusia yang tidak dipengaruhi dunia tetapi memengaruhi dunia dengan pengaruh positif, disebut sebagai manusia termostat.

Pada umumnya sebagian besar manusia termasuk kelompok manusia termometer dan hidup sebagai korban atau tawanan lingkungan. Mereka hidup sebagai orang-orang yang dipengaruhi oleh lingkungannya, seperti termometer mengikuti suhu udara disekitarnya. Mereka melakukan apa yang orang lain lakukan, membeli apa yang orang lain beli, merasa harus memiliki apa yang orang lain miliki, berpola pikir dan berpola tindak seperti orang di sekitarnya.

Oleh karena dunia telah diwarnai oleh kuasa kegelapan dan dikuasai olehnya maka warna dunia adalah warna hidup manusia yang akan binasa bersama dengan kuasa kegelapan. Dunia ini adalah kerajaan kuasa kegelapan yang mempersiapkan manusia menuju api kekal. Untuk persiapannya, manusia dipengaruhi oleh pola pikir dan pola hidup yang bertentangan dengan kehendak TUHAN. Ternyata untuk masuk neraka pun perlu persyaratan: orang suci tidak diperkenankan masuk neraka, tetapi orang berdosa yang rusaklah yang diperkenankan masuk ke sana. Neraka tidak sanggup menyambut orang kudus, sebagaimana Surga tidak akan menyambut orang berdosa yang tidak bertobat.

Kelompok orang yang dipengaruhi dunia sekitarnya adalah orang yang dimaksud dalam 1Yoh. 2:16: orang-orang yang hidup dalam keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup. Orang-orang seperti ini pada akhirnya akan menjadi antek kuasa kegelapan yang memengaruhi orang lain agar memiliki pola pikir dan pola tindak seperti yang mereka telah lakukan. Mereka menjadi alat iblis untuk menambah jumlah orang ke neraka. Merekalah duta-duta kerajaan kegelapan yang tanpa disadari telah menghamba kepada lucifer untuk melakukan kehendaknya. Kalau anak-anak TUHAN harus masuk proyek penyelamatan, tetapi mereka masuk kedalam proses pembinasaan. Marilah kita renungkan, masihkah kita dipengaruhi oleh dunia?


Dimodifikasi dari Truth Daily Enlightenment, dengan ijin penerbit.

Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Lisensi Creative Commons
Renungan Virtue Notes is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Unported License.
Berdasarkan karya di virtuenotes.blogspot.com.