RSS
email

Dapatkan Renungan Virtue Notes Langsung ke Email Anda!

Di Bawah Kendali Tuhan


Renungan Harian Virtue Notes, 24 Februari 2012
Di Bawah Kendali Tuhan


Bacaan: Matius 6:10

6:10 datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.


Amat banyak orang yang tidak menyadari dan tidak mengakui pemerintahan Allah dengan sungguh-sungguh. Amat banyak orang yang menganggap bahwa Allah tidak bersentuhan aktif dengan manusia ciptaan-Nya. Mereka menganggap bahwa Allah ada di seberang dunia lain yang berbeda dimensinya dengan manusia. Pandangan ini mendorong mereka untuk menjalankan roda hidupnya dengan sikap seakan-akan tidak ada pemerintahan Allah yang berlaku atas hidup mereka. Masing-masing orang hidup sesuai dengan keinginannya sendiri. Ini sama dengan menggelar pemerintahannya sendiri; ini berarti seseorang menjadi raja atas dirinya sendiri dan sebisa-bisanya atas orang lain sebanyak-banyaknya. Itulah sebabnya manusia berlomba untuk menjadi lebih kuat dari sesamanya: kuat dalam materi, pangkat gelar, kekuasaan dan lain sebagainya.

Kita mungkin heran sebab banyak orang yang mengaku Kristen namun masih melakukan berbagai perbuatan yang mendatangkan bencana bagi orang lain. Mereka melakukan ketidakadilan yang menginjak-injak hak manusia lain. Mereka telah menjadi serigala bagi sesamanya. Walaupun mereka beragama, nyatanya mereka tidak ber-Tuhan, sebab orang yang ber-Tuhan akan bertindak hati-hati sebab ada Mata yang melihat segala perbuatan kita dan menegakkan keadilan-Nya dengan tidak pandang bulu.

Dengan mengakui pemerintahan Allah, apabila kita mengembangkan diri dan mengoptimalkan semua potensi yang ada pada diri kita, semestinya semua itu kita lakukan untuk melayani dan mengasihi sesama. Dengan demikian berarti kita melayani Tuhan. Sesungguhnya untuk itulah manusia diciptakan.

Sudahkah kita mengakui kehadiran pemerintahan Allah itu, atau masihkah kita menjalankan roda kehidupan kita untuk kita sendiri? Tidak cukup bagi kita untuk tidak berbuat jahat, apabila kita belum hidup di bawah kendali Tuhan. Hidup di bawah kendali Tuhan artinya bersedia melakukan segala sesuatu untuk kepentingan-Nya dan dengan cara yang sesuai dengan kehendak-Nya. Kalau kita melakukan segala sesuatu tanpa bersedia dikendalikan Tuhan sepenuhnya, berarti kita menolak pemerintahan Allah. Itu berarti kita tidak bersedia menggelar hidup sesuai dengan kalimat dalam Doa Bapa Kami yang berbunyi, “Datanglah Kerajaan-Mu; jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di Surga.” Jika tidak mengakui pemerintahan Allah, untuk apa Ia membawa kita masuk ke dalam kerajaan-Nya? Jadi kalau masih mau memasuki dalam kerajaan-Nya, hiduplah dalam kendali Tuhan mulai sekarang.


Hidup di bawah kendali Tuhan berarti melakukan segala sesuatu untuk kepentingan-Nya dan dengan cara sesuai dengan kehendak-Nya.


Diadaptasi dari Truth Daily Enlightenment, dengan ijin penerbit.

Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Lisensi Creative Commons
Renungan Virtue Notes is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Unported License.
Berdasarkan karya di virtuenotes.blogspot.com.