RSS
email

Dapatkan Renungan Virtue Notes Langsung ke Email Anda!

Servis Hati

Rabu, 31 Maret 2010

Bacaan : Mazmur 139 : 1-4, 23-24

Biasanya sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran, para pemilik kendaraan bermotor akan melakukan servis dan perawatan untuk kendaraannya. Hal ini dengan tujuan agar sampai di tempat tujuan dengan aman, kondisi kendaraan yang prima, dan tanpa halangan.

Kita ingat untuk servis kendaraan kita, namun mungkin kita sering lupa untuk melakukan servis hati : Mengecek, apakah ada yang kurang berkenan bagi TUHAN dan apakah ada sikap atau tindakan kita yang tidak mencerminkan Kristus. TUHAN adalah ALLAH yang Maha Tahu, yang mengetahui seluruh kondisi kita. Sehingga jika menginginkan keselamatan dalam perjalanan hidup kita hingga tiba di tujuan dan bertemu dengan TUHAN di Surga, kita perlu senantiasa mengoreksi diri sendiri. Hati nurani kita yang sudah di terangi oleh Firman TUHAN akan menuntun kita untuk dapat mengenali, memeriksa dan menyelidiki apa pun yang membuat hubungan kita dengan TUHAN kurang beres.

Kita pasti percaya bahwa TUHAN mampu menuntun kita di jalan yang kekal, sebab Firman-NYA sudah mengatakannya. Masalahnya justru ada pada kita : Maukah kita sungguh-sungguh di tuntun-NYA di dalan-NYA? Atau kita lebih memilih berjalan di jalan pilihan kita sendiri yang kita anggap benar? Atau yang lebih parah, kalau sebenarnya kita berusaha menggiring TUHAN agar menyetujui jalan kita?

Agar bisa membedakan apakah suatu jalan adalah jalan kita sendiri atau kehendak TUHAN, kita harus tinggal di dalam TUHAN dan TUHAN tinggal di dalam kita. Dengan tinggal di dalam TUHAN, maka -seperti yang Rasul Paulus katakan- akal budi kita akan senantiasa di baharui oleh Roh Kudus, dan kita tidak akan mau serupa dengan dunia ini (Roma 12 : 2), sehingga pikiran kita dapat memahami pikiran TUHAN dan kehendak TUHAN juga menjadi kehendak kita (Yohanes 15 : 4-7).

Bookmark and Share

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Lisensi Creative Commons
Renungan Virtue Notes is licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 3.0 Unported License.
Berdasarkan karya di virtuenotes.blogspot.com.